Sabtu, 24 Desember 2011

LIBUR NASIONAL ANTARA WAJIB LIBUR DAN WAJIB LEMBUR

+     Sebentar lagi kan tahun baru , kita punya rencana kemana nih..

--   Wah , Aku sih gak bisa kemana – mana , maklum kerja sistem shift , kebetulan shift 3 , ya terpaksa deh tahun baru  di tempat kerja ,..kalau Kamu sih orang staf  enak , libur.

+     Iya memang aku libur , karena tahun baru kan sudah jadi libur nasional , tapi Kamu biar masuk kerja ada konpensasinya berupa lembur . lumayan  kan. 

--    Iya benar….tapi sebenarnya tahun baru kali ini aku ingin kumpul dengan teman – teman nih , banyak rencana ..ada moment yang beda tahun baru ini . Kalo tukar libur atau tukar shift agak susah , masing – masing sudah punya rencana acara sendiri .
+   Ya itulah konsekuensinya  petugas operasional , ngomong – ngomong gak punya rencana bolos kerja kan ..?
--  Ah gak..! ini kewajiban ,lagi pula bila gak masuk kerja tanpa alasan , akan ada 3 kerugian  , yang pertama akan mendapat teguran , kedua potongan gaji , dan yang ketiga tidak dapat lemburan..he..he..he…tapi ngomong – ngomong juga nih ,…sepertinya gak adil ya , saat libur Nasional  petugas operasional bila tidak masuk kerja mendapat teguran atau peringatan , dan potongan gaji . Kalau dapat teguran atau peringatan okelah , tapi kalo potongan gaji ….wah berat tuh . Padahal bila kita gak masuk kerja , tetap masih ada yang lembur kan? , artinya jadwal tugas operasional di lapangan tetap jalan .

+    Ah , Kamu ada – ada aja . Memang semua karyawan punya hak libur pada hari libur Nasional , tapi ini permasalahan lain..Kalau pada prinsipnya seperti itu bisa kacau nantinya . Bayang kan , bagimana bila pada libur Nasional hari raya umat islam Iedul Fithri , Akan banyak yang tidak masuk kerja nantinya dong . Karena masing –masing karyawan akan merayakan lebarannya  bersama – sama keluarga di kampung halaman .Lalu siapa yang mau lembur , karena sebagian besar karyawannya tidak masuk kerja , kegiatan operasional pasti akan ternganggu . Maka dari itu wajar , bila pada hari libur Nasional ada Petugas yang gak masuk kerja  , Manajemenakan memberikan sanksi secara umum , baik berupa teguran atau peringatan maupun pemotongan gaji karyawan bersangkutan . Dan bagi Petugas yang masuk kerja , Perusahaan akan memberikan lembur sebagai konsekuensinya . Ya...anggap saja loyalitas dan pengabdian pada Perusahaan lah bila kita masuk kerja .

--   Benar juga sih kalau di pikir – pikir ...Jadi intinya mungkin pada saat libur Nasional  , Karyawan staf wajib libur , sedangkan karyawan operasional wajib lembur ya.

+    Iya kali...

--  He..he..he..tapi kalo bisa harusnya konpensasimya di tambah lagi ya...apalagi bila lemburnya pada hari raya iedul fithri , berat banget tuh...hampir semua karyawan operasional inginnya sih libur dan pulang kampung , kalo bisa ada konpensasi khususdi banding hari libur Nasional yang lainnya...biar rasa keadilannya semakin seimbang dengan karyawan staf . dan semangat serta loyalitasnya semakin tinggi ....wkwkwk...

+    Ha..ha...ha... bicara adil mah relatif …Sangat susah menerjemahkan nya.  

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons