Kamis, 17 Januari 2013

Sejarah Singkat SKJM

Sejarah Singkat

Serikat Karyawan Jasa Marga atau SKJM sebagai satu-satunya serikat yang berada di PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Dibentuk pada  5 Mei 1999 dengan tujuan meningkatkan eksistensi hak karyawan di perusahaan sehingga karyawan mendapatkan hak-haknya sesuai aturan yang berlaku.
Berbekal pengalaman 11 tahun dalam memperjuangkan hak-hak karyawan membuat SKJM semakin professional dan mampu menempatkan posisinya sebagai mitra strategis Manajemen dalam membangun Sumber Daya Manusia di perusahaan.
Peran sebagai mitra strategis perusahaan tidak hanya di lakukan oleh pengurus Dewan Pengurus Pusat atau DPP SKJM saja, tetapi para pengurus yang berada di Dewan Pengurus Cabang atau DPC berperan sangat penting dalam memperjuangkan hak-hak para anggotanya.
Ketika pertama kali di bentuk pada tahun 1999 SKJM dipimpin oleh kepengurusan kolektif yaitu Ir. Adityawarman, Ir. Agung Purnomo, dan Ir. Bambang Hartanto sedangkan sebagai sekretaris Jenderal pada waktu itu adalah R. Adityawarman, SH. Kepengurusan ini berakhir pada tahun 2002.
Kemudian pada tahun 2002, Ir. Anton Sugianto terpilih sebagai ketua Umum Dewan Pengurus Pusat untuk periode 2002 sampai 2005, sedangkan Sekretaris Jenderal adalah Agus Kusnadi, SE
Selama dua periode kepengurusan ini telah banyak di rasakan manfaatnya oleh para karyawan . Sebagai peran SKJM sebagai mitra Manajemen semakin meningkat.
Upaya untuk senantiasa melakukan perubahan selalu menjadi tekad para pengurus organisasi ini.
Perubahan terus bergulir dari kepengurusan pertama, kedua dan selanjutnya kepengurusan yang dipimpin oleh Ir. Setyono dan sekretaris jenderal Mohammad Taufan, SE pada kongres di Malang pada 4 Mei 2005 yang mengukuhkan keduanya menjadi top pimpinan di SKJM. Untuk periode kepengurusan 2005 hingga 2008.
Perjuangan para pengurus untuk meningkatkan wawasan anggotanya terus digulirkan diantaranya dengan seminar-seminar maupun workshop baik yang diadakan oleh pengurus DPC maupuan DPP SKJM.
Kepengurusan selanjutnya Ir. Setyono kembali terpilih sebagai ketua umum SKJM pada kongres yang dilaksanakan di Kuta, Bali tahun 2008 sedangkan Sekretaris Jenderalnya terpilih Dadang Sudrajat.
Terpilihnya kembali Ir. Setyono sebagai ketua umum keduakalinya untuk periode kepengurusan yang rencananya berakhir tahun 2011 , atas keinginan anggota SKJM, maka setelah penandatanganan PKB yang dilaksanakan di Jakarta tahun 2009 lalu. SKJM untuk pertama kalinya melaksanakan Kongres Luar Biasa atau KLB dengan agenda utama pemilihan ketua umum baru yang disebabkan mundurnya Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal sebelum kepengurusan berakhir.
Catatan sejarah SKJM pun kembali terukir pada Kongres Luar Biasa atau KLB yang dilaksanakan pada Agustus 2009 lalu di Purwakarta, Jawa Barat, Ir. Hestu Budi Husodo dan Sari Purnawarman, terpilih sebagai ketua umum dan sekretaris Jenderal meneruskan posisi yang ditinggalkan oleh Ir. Setiyono dan Dadang Suderajat hingga tahun 2011.
Di bawah kepengurusan Ir. Hestu Budi Husodo dan Sari Purnawarman, Roda kepengurusan SKJM kembali dilanjutkan dengan terus berupaya merespon aspirasi para anggotanya . Sehingga peran SKJM sebagai mitra strategis manajemen dalam membangun Sumber Daya Manusia di Perusahaan semakin dapat dirasakan manfaatnya oleh semua lapisan karyawan dan meningkatkan kinerja atau performance perusahaan yang pada gilirannya akan meningkatan kesejahteraan karyawan sebagaimana yang diamanatkan dalam Perjanjian Kerja Bersama atau PKB.“
Melalui Kongres SKJM tahun 2011 yang diselenggarakan di Yogyakarta,  telah terpilih pasangan Ari Wibowo dan Muhammad Kusnadi untuk masa bhakti 2011-2014 melanjutkan perjuangan karyawan Jasa Marga.

Berikut ini para Ketua dan Sekretaris  DPC JAGORAWI :

  1. Sadiyo S  dan idharudin Muna                              1999-2002
  2. Sadiyo S  dan idharudin Muna                              2002-2003
  3. idharudin Muna     dan  Atet Tedjasukmana    2003-2005
  4. Lukman Eza dan  Agung prianggodo                   2005-2008
  5. Fisma Adnan S dan Efendi                                      2008-2011
  6. Rusli BT dan  Abidin                                                  2011-2014

 

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons